Awal
munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat patung
yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus, seorang insinyur
Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat dipindahkan. Zaman
Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin perang yang menggunakan roda dan
dapat melontarkan bom.
Pada
tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan swiss
membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat melakukan fungsi
spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan musik dan orgen,
dan yang ketiga dapat menggambar.
Pada
tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol melalui radio
remote control, dan didemokan di Madison Square Garden. Namun usaha untuk
membuat autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.
Pada
tahun 1967, Jepang yang pada saat itu merupakan negara yang baru bangkit,
mengimpor robot dari Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot pada tahun 1970,
ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas Stanford mendesain lengan
standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya dikenal sebagai standar lengan
robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda memamerkan robot yang dibangun bertahun
– tahun lamanya bernama Asimo, serta disusul oleh Sony yaitu robot anjing Aibo.
DI
JEPANG
Karakuri
ningyo, merupakan istilah Jepang yang berarti boneka mekanik atau automata,
ditemukan pada abad ke-18 dan 19 Masehi. karakuri berarti “peralatan mekanik
untuk permainan, hiburan, atau memberikan kejutan”, sehingga dapat dikatakan
bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal magis atau elemen misteri, sedangkan
ningyo berarti “orang dan bentuk” (tertulis dalam dua huruf kanji). dengan
demikian dapat dikatakan sebagai boneka atau patung.
Karakuri
dapat dibagi menjadi tiga tipe utama yakni:
1.
Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk keperluan dunia teater
2. Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3. Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau legenda-legenda Bangsa Jepang.
2. Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3. Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga
jenis karakuri tersebut dinilai telah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan
dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki, Bunraku.
berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan). beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri (air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan). beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri (air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
1.
Matsuri karakuri, digunakan untuk keperluan festival
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan robotika Jepang saat ini
bagaikan pepatah “Manifestasi impian atau harapan dari suatu bangsa yang ada
saat ini merupakan cerminan impian atau harapan dari para pendahulunya”.
Tambahan
Dari WIki
Robot
adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan
pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah
didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk
tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya
kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot
lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan
luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue),
dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran
konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot
debu, dan pemotong rumput.
[sunting] Perkembangan sekarang
[sunting] Perkembangan sekarang
Ketika
para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka
menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan
yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan
perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan
untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur.
Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom
yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol
navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi
berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari
ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika
para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan
heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru
serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan
tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi
dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan
mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih dari
empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat mereka bekerja
lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan
berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun
hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah
teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah kompleksitas
penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap kacau. Sensor taktil
dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin dapat menyelesaikan masalah
ini. Robot Online UJI dari University Jaume I di Spanyol adalah contoh yang
bagus dari perkembangan yang berlaku dalam bidang ini.
Belakangan
ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua perusahaan
khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan
pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan
dalam prosedur pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area
yang berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis
atau kimiawi antar perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan pembaca
cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia
adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk tugas-tugas
ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden dahulunya spesialis
Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan kaki bengkok tetapi
tidak menyambung, sementara orang lain mencoba membuat kaki kepiting yang dapat
bergerak dan tersambung penuh.
Robot bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut “nanomotor” dan “kawat cerdas” diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan.
Robot bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut “nanomotor” dan “kawat cerdas” diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan.
http://palingseru.com
Komentar
Posting Komentar