Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang
memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran
ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan
proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis
penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan
program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas.
Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart
selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk
program dengan bahsa pemrograman.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan
program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika
ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart
selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk
program dengan bahsa pemrograman.
A. Simbol-simbol flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai
sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program. Simbol-simbol yang
dipakai antara lain :
Flow Direction symbol
Yaitu
simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol
yang lain. Simbol ini disebut juga connecting line.
Terminator Symbol
Yaitu simbol untuk
permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu kegiatan
Connector
Symbol
Yaitu simbol untuk keluar
– masuk atau penyambungan proses dalam lembar / halaman yang sama.
Connector Symbol
Yaitu simbol untuk keluar
– masuk atau penyambungan proses pada lembar / halaman yang berbeda.
Processing Symbol
Simbol yang menunjukkan
pengolahan yang dilakukan oleh komputer
Simbol Manual Operation
Simbol yang menunjukkan
pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer
Simbol Decision
Simbol pemilihan proses
berdasarkan kondisi yang ada.
Simbol
Input-Output
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa
tergantung dengan jenis peralatannya
Simbol
Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard
Simbol Preparation
Simbol untuk
mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di
dalam storage.
Simbol Predefine Proses
Simbol untuk pelaksanaan
suatu bagian (sub-program)/prosedure
Simbol Display
Simbol yang menyatakan
peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer dan sebagainya.
Simbol disk and On-line Storage
Simbol
yang menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan ke disk.
B.
Kaidah-kaidah
pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang
bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam
menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan
dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun
secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama,
yaitu;
1.) Input berupa bahan mentah
2.) Proses pengolahan
3.) Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan
dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
·
START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan
sebelum menangani pemecahan masalah.
·
READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu
peralatan input.
·
PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan
persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
·
WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke
perlatan output.
·
END: mengakhiri kegiatan pengolahan
Gambar berikut memperlihatkan flowchart dari kegiatan dasar
diatas.
Dari
gambar flowchart di atas terlihat bahwa suatu flowchart harus terdapat proses
persiapan dan proses akhir. Dan yang menjadi topik dalam pembahasan ini adalah
tahap proses. Karena kegiatan ini banyak mengandung variasi sesuai dengan
kompleksitas masalah yang akan dipecahkan. Walaupun tidak ada kaidah-kaidah
yang baku dalam penyusunan flowchart,
namun ada beberapa anjuran yaitu:
·
Hindari pengulangan proses yang
tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
·
Penggambaran flowchart yang
simetris dengan arah yang jelas.
·
Sebuah flowchart diawali dari satu
titik START dan diakhiri dengan END.
DAFTAR PUSTAKA
1. Lidya
Leony, Rinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman, Informatika Bandung, 1997
2. Martha
Selby, Prof, Flowchart Introduction &
Method of Problem Solving.
3. Munir,
Rinaldi, Algoritma & Pemrograman
dalam Bahasa Pascal dan C, Penerbit
Informatika,Bandung, 2004
terimkasih atas informasinya. salam st3telkom
BalasHapusthanks for the information and I liked the look of this website blog ...
BalasHapusgreetings
Thank you for visiting my blog.
BalasHapusSangat memberi informasi sekali.
BalasHapus