SOFTSKILL
Minggu ke-4
A.
Pendahuluan
Interface yang menggunakan berbagai
teknik dialog pada dasarnya adalah untuk mendapatkan satu kriteria yang sangat
penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi, yakni aspek ramah dengan
pengguna.
Kata “ramah dengan pengguna”
nampaknya mudah diucapkan, tetapi merupakan persoalan tersendiri bagi para
perancang dan pemrogram suatu program aplikasi.
1.1 Tujuan Interface User
Untuk memudahkan pengguna dalam
berkomunikasi atau berdialog dengan sesama user lainnya. Sehingga dapat
mengurangi biaya untuk pengoperasiannya.
Dengan semakin canggih nya teknologi yaitu “Antarmuka” atau “Interface” semua
pengguna dapat menggunakannya untuk berdialog, berdikusi, dan bahkan untuk
bertatapan muka langsung secara
visulisasi.
1.2 Perbandingan Interface
Kita dapat memanfaatkan fasilitas
bantuan langsung (online help), pada
editor Turbo Pascal berbeda yang ada di dalam Word Perfect for Windows.
B.
Tipe-tipe
Interface
2.1 Komponen Dasar
Komponen-komponen
dasar interface grafis antara lain adalah :
Ø Tombol
tekan (dalam gambar adalah kotak dengan label “Simpan”),
Ø spin box
Ø list box
Ø combo box
Ø tombol
radio
Ø check button
Ø dan
penggeser (sliding bar atau disingkat
slider) baik yang tegak maupun datar.
Selain
komponen-komponen interfacelainnya adalah :
Ø Ikon
(icon)
Ø Text
box
Ø Editor
box
2.2 Perangkat Interaktif
Alat Interaktif adalah perangkat-perangkat yang digunakan untuk memberi
perintah komputer. Perangkat interaktif contohnya: Mouse, Trackball, dan
Gamepad
Mouse
Trackball
Gamepad
Model monitor ada 3 macam yaitu :
1. Monitor
komputer
Adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar
yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
2. Monitor CRT
CRT (Cathode Rsdsday Tube) atau tabung sinar katoda
ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun ,teknologi yang digunakan adalah tabung
sinar katoda.
3. Monitor LCD
LCD singkatan dari Liquid Crystal Display, Pada mulanya LCD display digunakan pada komputer laptop sebelum teknologi
meningkat dan akhirnya di pakai pada monitor desktop. LCD
monitor terdiri dari lima lapisan yaitu backlight,
selembar kaca terpolarisasi , mask piksel berwarna , lapisan larutan
kristal cair responsif terhadap kotak kabel dari koordinat x, y, dan selembar
kaca terpolarisasi kedua.
4. Monitor Plasma
Monitor Plasma atau lebih dikenal dengan PDP (Panel
Display Plasma) adalah perangkat layar datar yg menggunakan fenomena gas
discharge untuk menampilkan gambar.
Berdasarkan
gambar yang dihasilkan :
1. Monochrome display
Adalah jenis CRT layar komputer yang
sangat umum di hari-hari awal komputasi, dari 1960-an hingga 1980-an, sebelum
warna monitor menjadi populer. Mereka masih banyak digunakan dalam
aplikasi seperti komputerisasi cash register sistem layar
Green adalah nama umum untuk sebuah monitor monokrom menggunakan. hijau "P1" fosfor layar.
Melimpah di-awal-pertengahan 1980-an, mereka berhasil Teletype terminal dan
CRT warna didahului sebagai perangkat output dominan visual untuk komputer.
DESAIN
Tidak seperti monitor warna, yang menampilkan teks dan
grafis dalam beberapa warna melalui penggunaan bolak-intensitas warna merah,
hijau, dan biru fosfor , monitor monokrom hanya memiliki satu warna
fosfor (mono berarti "satu", dan krom berarti
"warna").Semua teks dan grafis yang ditampilkan dalam warna itu. Beberapa
monitor memiliki kemampuan untuk mengubah kecerahan individupiksel ,
sehingga menciptakan ilusi kedalaman dan warna, persis seperti televisi
hitam-putih.
CONTOH
Terkenal contoh monitor monokrom awal adalah VT100 dari Digital
Equipment Corporation , yang dirilis pada tahun 1978, dan IBM 5151,
yang disertai IBM PC Model 5150 pada 1.981 rilis. The 5151
dirancang untuk bekerja dengan PC Adapter Tampilan Monochrome (MDA) text-satunya kartu
grafis , tetapi pihak ketiga Hercules Graphics Card menjadi
pendamping populer untuk layar 5151 karena 'Hercules resolusi tinggi bitmapped kemampuan
monokrom grafis, banyak digunakan untuk grafis presentasi bisnis yang
dihasilkan darispreadsheet seperti Lotus 1-2-3 .
Monitor monokrom sangat rentan terhadap layar
membakar (maka munculnya, dan nama, dari screen saver ), karena
fosfor yang digunakan adalah intensitas yang sangat tinggi. Efek lain dari
intensitas tinggi fosfor adalah efek yang dikenal sebagai
"ghosting", dimana suatu Pijaran ekor redup isi layar adalah sebentar
terlihat setelah layar telah blanked. Ini memiliki tempat tertentu dalam budaya
pop , sebagaimana dibuktikan dalam film
seperti The Matrix.
Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau diode cahaya organik
adalah sebuah semikon
duktor sebagai pemancar cahaya yang
terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi,
seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal
fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.
OLED merupakan piranti penting dalam teknologi elektroluminensi. Teknologi
tersebut memiliki dasar konsep pancaran cahaya yang dihasilkan oleh piranti
akibat adanya medan listrik yang diberikan. Teknologi OLED dikembangkan
untuk memperoleh tampilan yang luas, fleksibel, murah dan dapat digunakan
sebagai layar yang efisien untuk berbagai keperluan layar tampilan.
Jumlah warna dari cahaya yang dipancarkan oleh piranti
OLED berkembang dari satu warna menjadi multi-warna. Fenomena ini
diperoleh dengan membuat variasi tegangan listrik yang diberikan
kepada piranti OLED sehingga piranti tersebut memiliki prospek untuk menjadi
piranti alternatif seperti teknologi tampilan layar datar berdasarkan kristal
cair. beberapa teknologi layar tampilan dengan
teknologi OLED sudah masuk ke pasar, mulai dari alat penerangan, alat konsumsi
rumah tangga seperti televisi, gadget seperti telepon genggam, papan
ketik (keyboard), kamera
digital, jam tangan digital, komputer jinjing (laptop),
layar komputer, sampai pada alat informasi seperti layar pengumuman di pasar
swalayan, bandara, hotel atau rumah sakit.
2.3 Dialog Control
1. Dialog
Berbasis Perintah Tunggal (Command Line Dialogue)
Merupakan
ragam dialog yang paling konvensional. Perintah-perintah tunggal yang dapat
dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai dan berada
dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah (command language).
Bahasa perintah harus dirancang sedemikian rupa sehingga mereka mempunyai sifat
alamiah, yakni mudah dipelajari dan diingat oleh kebanyakan pengguna. Meskipun
bersifat buatan, bahasa buatan ini tetap mempunyai struktur leksikal, sintaksis
dan semantik tertentu.
Beberapa
contoh sederhana yang bisa kita lihat antara lain adalah perintah-perintah yang
dimiliki oleh DOS (Disk Operating System). Terbagi atas perintah dalam (internal
command) yang tidak memerlukan suatu berkas .EXE atau .COM tertentu (Contoh: DIR,
CLS) dan perintah luar (external command) yang memerlukan suatu berkas .EXE
atau .COM tertentu (Contoh: FORMAT, DELTREE).
Berikut
keuntungan dan kerugian penggunaan dialog berbasis perintah tunggal:
2. Dialog
Berbasis Bahasa Pemrograman (Programming language dialogue)
Dalam
keadaan tertentu, penggunaan dialog berbasis perintah tunggal sering tidak
memadai, khususnya ketika pengguna terus memberikan sederetan perintah-perintah
yang sama setiap kali ia menjalankan program aplikasi tersebut. Dialog berbasis
bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk
mengemas sejumalh perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch
file. Perintah-perintah yang dituliskan dalam ragam dialog berbasis bahasa
pemrograman tidak harus menggunakan salah satu bahasa pemrograman baik tingkat
rendah maupun tingkat tinggi seperti Assembler, Pascal, C, FORTRAN atau BASIC,
tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
3. Antarmuka
Berbasis Bahasa Alami (Natural Language Interface)
Dalam
film fiksi ilmiah kita seringkali melihat komunikasi antara manusia dengan
komputer lewat suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami
(natural language). Dengan melihat pada perbedaan bahasa yang digunakan oleh
manusia dan komputer, maka sebuah sistem yang mengimplementasikan dialog
berbasis bahasa alami perlu mempunyai sebuah sistem penterjemah yang dapat
menterjemahkan suatu kalimat pada dua arah. Ketika manusia memberikan
instruksi, sistem penterjemah harus menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam
format instruksi lain yang dapat dimengerti oleh komputer. Sebaliknya, ketika
komputer akan memberikan jawaban, sistem penterjemah harus mampu menterjemahkan
format instruksi komputer menjadi pesan yang dimengerti oleh manusia. Dari sisi
pengguna, tentunya ia menginginkan keluwesan yang sebesar-besarnya dalam
memberikan instruksi kepada komputer. Tetapi, dari sisi perancang sistem,
semakin luwes bahasa alami yang dikehendaki oleh pengguna, semakin rumit pula
sistem penterjemah yang harus disiapkan.
Berikut
keuntungan dan kerugian penggunaan antarmuka berbasis bahasa alami.
2.4 Form Isian
Teknik dialog pengisian borang (form
filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian
borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu
bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan. Perlman membuat
perbedaan antara menu dan borang. Menu adalah dialog yang menampilkan
sejumlah alternatif pilihan yang pilihan-pilihan itu dapat dipilih pengguna
dengan cara tertentu pada setiap daur aktifitas. Borang adalah
tampilan dari sejumlah persyaratan (requirement) yang menampilkan sejumlah
pilihan dan berbagai nilai parameter yang telah ditentukan dan diintegrasikan
kedalam sebuah tampilan pada layar.
Contoh
dialog berbasis pengisian borang :
Keuntungan dan kerugian penggunaan
dialog berbasis pengisian borang adalah:
C. Tipe-tipe Interaksi
3.1
Manipulasi Langsung
Karakteristik
yang sangat penting dari ragam dialog ini adalah adanya penyajian langsung
suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan
dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan instruksi lewat
manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang
terpampang lewat tampilan yang muncul dilayar.
Penerapan
manipulasi langsung pada berbagai bidang diantaranya:
a. Kontrol Proses
Kontrol proses
didalam berbagai industri, misalnya pada pembangkitan dan penyaluran listrik
dan industri makanan berskala besar biasanya memanfaatkan tampilan visual yang
berupa panel-panel kontrol yang dihubungkan kesuatu sistem pengontrol berbasis
komputer. Dalam perkembangannya, panel-panel kontrol yang semula menempel pada
dinding tembok, sehingga memerlukan ruangan yang cukup besar, kemudian diubah
menjadi semacam tampilan yang dapat digambarkan pada layar komputer, sehingga
operator akan lebih nyaman.
b. Editor Teks
Konsep WYSIWYG
(What You See Is What You Get) merupakan fenomena pengolah kata modern yang
banyak sekali memberikan kemudahan pada pengguna. Pengguna akan mendapatkan
hasil cetakan seperti apa yang muncul pada layar tampilan. Sehingga, ketika
pengguna melakukan manipulasi ke atas suatu teks pada layar, maka sebenarnya ia
juga melakukan manipulasi atas hasil cetakan yang ia harapkan.
c. Simulator
Simulator
merupakan sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang
berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat dari kacamata orang awam.
Misalnya pada simulator penerbangan. Didalam simulator penerbangan, seorang
calon pilot seolah-olah sedang berada didalam sebuat pesawat yang menjadi
tanggung jawab secara penuh. Kesalahan yang sangat kecilpun akan sangat
dirasakan oleh calon pilot yang ada didalam sebuah simulator itu. Meski dengan
tampilan yang tidak selengkap papan kontrol pada pesawat, seseorang dapat
mempelajari hal-hal yang sangat mendasar agar ia dapat menerbangkan suatu
pesawat terbang.
d. Kontrol Lalu Lintas Penerbangan
Sistem radar
berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola bentuk-bentuk tertentu
seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Dalam hal ini, dunia tiga dimensi
tempat sebuah pesawat sedang menjelajahi dunia ini akan diterjemahkan ke dalam
layar dua dimensi yang ada di hadapan seorang operator. Lewat tampilan dua
dimensi, yang merefleksikan dunia tiga dimensi itulah seorang operator dapat
mengontrol lalu lintas penerbangan
e. Perancangan Bentuk/model ( computer aided design )
Saat sekarang
kita dapat meliha berbagai program aplikasi untuk perancangan suatu sistem.
Contoh yang pali populer barangkali adalah sebuah program yang bernama engan
Auto CAD. Dengan program ini kita dapat merancang suatu model pesawa terbang,
baik dengan tampilan yang disebut denagn wireframe model maupun berujut
tampilan seperti sebuah pesawat yang sesungguhnya dengan memanfaatkan fasilitas
rendering yang dimilikinya. Program ini juga serin dimanfaatkan untuk melakukan
pemetaan berbasis komputer (computer-based mapping)
Keuntungan dan
kerugian dialog berbasis manipulasi langsung
3.2 Bahasa Perintah
Merupakan
ragam dialog yang paling konvensional. Perintah-perintah tunggal yang dapat
dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai dan berada
dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah (command language).
Bahasa perintah harus dirancang sedemikian rupa sehingga mereka mempunyai sifat
alamiah, yakni mudah dipelajari dan diingat oleh kebanyakan pengguna. Meskipun
bersifat buatan, bahasa buatan ini tetap mempunyai struktur leksikal, sintaksis
dan semantik tertentu.
Beberapa
contoh sederhana yang bisa kita lihat antara lain adalah perintah-perintah yang
dimiliki oleh DOS (Disk Operating System). Terbagi atas perintah dalam (internal
command) yang tidak memerlukan suatu berkas .EXE atau .COM tertentu (Contoh:
DIR, CLS) dan perintah luar (external command) yang memerlukan suatu berkas
.EXE atau .COM tertentu (Contoh: FORMAT, DELTREE).
Berikut
keuntungan dan kerugian penggunaan dialog berbasis perintah tunggal:
3.3 Bahasa Natural
Dalam film fiksi
ilmiah kita seringkali melihat komunikasi antara manusia dengan komputer lewat
suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami (natural
language).
Dengan melihat
pada perbedaan bahasa yang digunakan oleh manusia dan komputer, maka sebuah
sistem yang mengimplementasikan dialog berbasis bahasa alami perlu mempunyai
sebuah sistem penterjemah yang dapat menterjemahkan suatu kalimat pada dua
arah. Ketika manusia memberikan instruksi, sistem penterjemah harus
menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam format instruksi lain yang dapat
dimengerti oleh komputer. Sebaliknya, ketika komputer akan memberikan jawaban,
sistem penterjemah harus mampu menterjemahkan format instruksi komputer menjadi
pesan yang dimengerti oleh manusia. Dari sisi pengguna, tentunya ia
menginginkan keluwesan yang sebesar-besarnya dalam memberikan instruksi kepada
komputer. Tetapi, dari sisi perancang sistem, semakin luwes bahasa alami yang
dikehendaki = oleh pengguna, semakin rumit pula sistem penterjemah yang harus disiapkan.
Berikut
keuntungan dan kerugian penggunaan antarmuka berbasis bahasa alami.
3.4 Sistem Menu
Sistem
menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas
yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah
daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu
kalimat atau kumpulan beberapa kata.
a. Sistem menu
datar
Dalam
sistem menu datar, kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program
aplikasi akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan
kalimat-kalimat yang cukup panjang.
Contoh sistem
menu datar
b. Sistem menu
tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan (struktur pohon
pilihan)
Sebuah
menu tarik pada dasarnya adalah sistem menu yang pilihan-pilihannya
dikelompokkan menurut kategori tertentu atau menurut cara tertentu sehingga
mereka membentuk semacam hirarki pilihan. Pada hirarki paling tinggi,
pilihan-pilihan itu disebut dengan pilihan/menu utama. Sebagian atau semua
pilihan/menu utama dapat mempunyai salah satu atau lebih subpilihan/submenu. Sebuah
subpilihan/submenu dari suatu pilihan/menu utama dapat mempunyai satu atau
lebih sub-pilihan dan seterusnya. Struktur ini membentuk semacam struktur
pohon.
Contoh sistem
menu tarik
Keuntungan dan
kerugian penggunaan sistem menu adalah:
Minggu
ke-5
A. Graphical User Interface (GUI)
1.1
Pendahuluan
Pada
awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang
diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua
program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem
informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain
itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena
itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan
oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat. Akhirnya
lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface.
GUI
adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk
lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna
komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat
perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini
didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI
pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni
Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem
operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya
yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.
1.2
Apa Itu GUI ?
GUI
adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah
tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan
gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer
dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon
dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Sebagai contoh,
tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk kertas dengan huruf W diatasnya
kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Microsoft Word, sebuah aplikasi yang
digunakan untuk mengetik. Atau anda pasti familiar dengan tombol di pojok kiri
bawah, yakni tombol bertuliskan Start atau logo Windows itu. Segala sesuatu
yang anda lihat di Komputer anda saat ini adalah GUI.
1.3 Kelebihan Dari GUI
- Desain Grafis lebih menarik.
- GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
- Memudahkan pengguna.
- Menarik minat pengguna.
- Resolusi gambar yang tinggi.
- GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
- Memudahkan pengguna.
- Menarik minat pengguna.
- Resolusi gambar yang tinggi.
1.4
Pengembangan Aplikasi Dengan GUI Menggunakan PHP
Saat
ini kita dapat menemukan beberapa solusi yang dapat digunakan untuk membangun
aplikasi GUI dengan menggunakan PHP. Solusi yang ada dan cukup banyak dikenal
saat ini adalah: PHP-GTK, WinBinder,
dan PHP-QT.
Sayangnya,
walaupun solusi untuk pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP sudah tersedia,
kita masih “belum” dapat menemukan aplikasi GUI komersial berskala enterprise
yang dibangun dengan menggunakan PHP. Mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa
penyebab yang mendasari minimnya penggunaan PHP dalam pembangunan aplikasi GUI
adalah sebagai berikut :
Belum
mature-nya solusi yang ada. Hal ini menyebabkan developer enggan untuk
menggunakan PHP untuk membangun aplikasi GUI komersial
Perkembangan
dari solusi-solusi tersebut masih kurang cepat
Tingkat
kesulitan pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP masih relatif tinggi
Kemampuan yang
dimiliki PHP untuk pembangunan aplikasi GUI masih jauh tertinggal jika
dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang sudah lebih dahulu digunakan
untuk pembangunan aplikasi GUI, misalnya Java, C# dan C++
Serta berbagai
alasan lainnya
Untuk
menjawab berbagai masalah tersebut di atas, saat ini tengah dikembangkan sebuah
solusi baru untuk membantu pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP. Solusi
baru tersebut adalah Klorofil Platform. Klorofil Platform dibangun oleh suatu
komunitas yang bernama Klorofil Collaboration Project atau dikenal juga dengan
nama Klorofil. Di dalam Klorofil Platform terdapat sebuah GUI framework yang
bernama gambArt. GUI framework inilah yang dapat kita gunakan untuk membangun
aplikasi GUI menggunakan PHP.
Sebelum
kita membahas lebih lanjut mengenai Klorofil Platform, gambArt, dan lain
sebagainya, kita akan melihat terlebih dahulu salah satu aplikasi yang dibangun
menggunakan gambar. Gambar kalkulator yang anda lihat adalah dibangun dengan
menggunakan PHP dan gambar.
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Dewi Agushinta R , 2008 , “Interaksi
Manusia dan Komputer” : Teori Dasar, Universitas Gunadarma, Kelapa Dua, Jakarta..
2.
Ida Ayu Yulie Primashanti, 2008 ,
“Interaksi Manusia dan Komputer” : Teori Dasar, Universitas Gunadarma, Kelapa
Dua, Jakarta..
3.
Raskin, J, 2000, The Human
Interface, Addison Wesley.
4.
Shneiderman, B, 1998, Designing
The User Interface Design, 2nd Edition, MacMillan, London.
5.
Downtown, Andy , “Dialogue Style: Basic Techniques and
Guidelines,” in Engineering the Human-Computer Interface, ed. Andy
Downtown, McGrawHill International Editions, 1992.
6.
Newman, W. M and Lamming, M. G,
1995, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain.
Komentar
Posting Komentar